Kamis, 29 Oktober 2015

MATERI BAB 5 KELAS X

Bab 5
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan

Negosiasi
Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak - pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.


Unsur-Unsur Negosiasi :
1. ada dua pihak yang terlibat
2. ada kepentingan yang berbeda
3.  ada perundingan

Kaidah Negosiasi :
a.      menyampaikan gagasan dengan kalimat santun
b.      menyanggah mitra biacra dengan santun
c.       mengemukakan argumentasi dengan kalimat santun dan meyakinkan mitra bicara
d.      terjadi kesepakatan terlaksananya program/ maksud negosiasi
e.      Adanya tawar menawar

Struktur Negosiasi :
1.      N1 : Menyampaikan pendapat
2.      N2 : Menyangga / menolak dalam menyampaikan pendapat
3.      N1 : Menolak pendapat N2,dengan mempertahankan pendapatnya dan meminta persetujuan N2 .
4.      N2 : Menolak dan mempertahankan pendapatnya
5.      N1 : Terjadi kesepakatan / .....
                                                                                                         
Tujuan Negosiasi :
a.      Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
b.      Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.
c.       Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang(win-win solution).


Contoh teks Negosiasi :

Orientasi :
Penjual            : “Selamat datang, silahkan duduk.”
Pembeli           : “Terima kasih.”
Penjual            : “Ada yang bisa saya bantu?”
Permintaan :

Pembeli           : “Saya ingin beli laptop.”
Penjual            : “Ingin laptop merk apa mbak?”
Pembeli           : “Yang bagus itu merek apa mbak ?”
Penjual          : “Begini mbak, kalau masalah bagus tidaknya itu relatif mbak. Semua   merek ada kelebihan dan juga ada kekurangannya.”
Pembeli           : “Ohh, begitu.”
Penjual            : “Tetapi sekarang yang paling laris itu Acer mbak.”
Pembeli           : “Saya boleh lihat yang Acer?”
Pemenuhan :

Penjual            : “Iya, sebentar saya ambilkan dahulu.”
Pembeli           : “Iya.”
Penjual            : “Ini mbak, silahkan di coba dahulu.”
Pembeli           : “Fasilitasnya apa saja mbak ?”
Pembeli           : “Ada wifi, bluetooth, memory 2 GB, monitor 14” dan masih banyak lagi.”
Pembeli           : “Warnanya ini hanya hitam saja mbak?”
Penjual            : “Kalau ini ada warna coklat, putih, merah, sama hitam ini mbak.”
Pembeli           : “Saya mau lihat yang merah mbak, soalnya saya suka warna merah."
Penjual            : “Maaf mbak, yang warna merah lagi habis stoknya, mungkin besok datangnya.”
Pembeli            : “Kalau sekarang adanya warna apa saja mbak ?”
Penjual             : “Kita punya warna coklat sama hitam.”
Pembeli            : “Saya lihat yang coklat dulu mbak.”
Penjual             : “Iya, saya ambilkan dulu.”
Pembeli            : “Iya.”
Penjual             : “Ini mbak, silahkan.”
Pembeli           : “hitam sama coklat bagus mana mbak?”
Penjual            : “Tergantung selera mbak, kalau hitam itu sudah biasa, tapi kalau coklat itu jarang orang punya.”
Pembeli           : “Saya pilih hitam saja mbak.”
Penjual            : “Oh iya.”
Penawaran :

Pembeli           : “Harganya berapa mbak?”
Penjual            : “Kalau yang ini harganya Rp 4.000.000,00.”
Pembeli           : “Tidak ada diskon mbak ?”
Penjual            : “Kebetulan kita lagi ada promo untuk merek Acer ada spesial diskon 5%, jadi harganya tinggal Rp 3.800.000,00.”
Pembeli           : “Tidak bisa turun lagi mbak ?”
Penjual            : “Tidak bisa mbak. Ini bisa di kredit  mbak, angsuran 8 X dalam  5 bulan.”
Pembeli           : “Rp 3.500.000,00 gimana mbak ?, cash.”
Penjual            : "Di tambahin lagi mbak!"
Pembeli           : "Saya tambahin Rp 50.000,00 gimana ?"
Penjual            : "Tetap tidak bisa mbak, begini saja saya kasih  Rp 3.700.000,00, itu sudah turun banyak lho mbak."
Pembeli           : "Gak bisa ditambahin lagi mbak diskonnya ?"
Penjual            : "Gak bisa mbak, nanti kalau ditambahin terus bos saya marah mbak, ini bukan punya saya kalau punya saya, saya kasih mbak segitu."
Persetujuan :

Pembeli           : “Ya sudah saya setuju Rp 3.700.000,00.”
Penjual            : “Saya buatkan notanya dulu mbak.”
Pembeli           : “Iya.”
Pembelian :

Penjual            : “Ini notanya mbak,silahkan tanda tangan disini. Ini juga ada garansinya 1 tahun, jadi kalau ada masalah dengan laptopnya bawa saja kesini.”
Pembeli           : “Oh iya, ini uangnya.”
Penutup :

Penjual            : "Terima kasih. Ini mau diantarkan kerumah atau dibawa langsung?"
Pembeli           : "Saya bawa langsung saja mbak."
Penjual            : "Oh iya."
Pembeli           : “Selamat siang.”
Penjual            : “Selamat siang.”


 UNTUK MELANJUTKAN MATERI SILAHKAN KLIK DISINI :
Bab 1 Gemar Meneroka Alam Semesta
Bab 2 Proses menjadi warga yang baik
Bab 3 Budaya berpendapat di forum ekonomi dan politik
Bab 4 Kritik dan humor dalam layanan publik
Bab 5 Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Bab 6 Teks dalan kehidupan nyata ( Mengulas Materi bab 1 – 5 )

0 komentar:

Posting Komentar